SKENARIO PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Agustus 25, 2010 at 5:30 am (Uncategorized)

Skenario adalah urutan cerita yang disusun oleh seseorang agar suatu peristiwa terjadi sesuai dengan yang diinginkan. sedangkan pembelajaran adalah proses komunikatif-interaktif antara sumber belajar, guru, dan siswa yaitu saling bertukar informasi.

jadi skenario pembelajaran adalah skenario yang dibuat dengan sengaja oleh seorang guru dalam proses komnikasi-interaktif dengan siswa dengan menggunakan sumber belajar untuk mencapai tujuan pendidikan

berikut ini salah satu contoh skenario pembelajaran:

perlu di ketahui dalam skenario pembelajaran ada beberapa tahap yakni tahap awal, inti dan akhir.ini adalah contoh skenario pembelajaran dalam pelajaran matematika yaitu tentang bialngan pecahan.
AWAL

a. Guru menyiapkan kondisi siswa untuk siap belajar

b. Guru mengucap salam

c. Guru dan siswa membaca basmalah dan doa

d. Guru menyampaikan tema dan tujuan pembelajaran

e. Guru memberikan appersepsi : Apakah yang siswa ketahui tentang bilangan bulat ?

f. Guru  mengajukan pertanyaan : bagaimana cara menyelesaikan oprasi bilangan bulat.

INTI
a. Guru menjelaskan konsep bilangan pecahan.

b. Kemudian guru menyuruh siswa untuk membuat gambar kotak dan lingkaran kemudian menyuruh memberi warana dan menentukan nilai bilangan pecahan.

c. Guru memberi kesempatan pada siswa untuk menanyakan hal-hal yang belum dipahami dari materi yang telah dijelaskan.

d. Kemudian guru menjelaskan kembali materi yang belum dipahami oleh siswa dengan memberikan penekanan pada hal-hal yang penting.
AKHIR
a. Guru dan siswa menyimpulkan pelajaran bersama-sama.

b. Kemudian guru melakukan evaluasi secara lisan

c. Guru memberikan penilaian terhadap ketercapaian tujuan pembelajaran.

d. Guru memberikan motivasi pada siswa untuk mengulang-ulang pelajaran di rumah

e. Guru menutup pelajaran dengan membaca doa/hamdalah.

A. Sinopsis

Sajian ini diawali dengan perkenalan guru dan murid karena awal pelajaran dan awal siswa masuk di SMP, lalu lanjutkan dengan menanyakan pemahaman anak sebelum memulai pelajaran

Hingga akhirnya setelah pembelajaran ini siswa dapat memahami betul konsep bilangan bulat itu seperti apa dan memahami oprasi hitung bilangan bulat.

B. Setting

Ruang kelas : Terdiri dari meja dan kursi guru,meja dan kursi siswa-siswa.

C. Properti

  • Penggaris

D. Talent

Guru dan siswa-siswanya.

E. Naskah

Pagi Hari di sebuah sekolah

Terdengar suara gaduh anak-anak berseragam putih-biru,hiruk pikuk suasana sekolah dipagi hari.Ada anak yang asik memegang jajanannya, ada juga yang sibuk mengerjakan PR di sekolah. Tetapi  depan ruang kelas terlihat tiga orang siswa sedang bercakap-cakap

Siswa 1            :  “Pelajaran jam pertama apa ya “(bertanya kepada siswa 2)

Siswa 2            : “hmmmm kalau tidak salah sih pelajaran matematika “

Siswa 3 langsung menyambut kata-kata dari siswa 2

“memang betul hari ini jam pertama kita pelajaran matematika”

Siswa 2            : “Aku denger-denger sih dari kakak kelas katanya guru matematika kita galak banget..”

Siswa 1            : “Masa sih, mudah-mudahan aja ngga!”

Tiba-tiba suara bel masuk terdengar, dan semua siswa masuk ke dalam kelasnya masing- masing. Dari luar sekolah terlihat anak yang sedang berlari karena ngejar gerbang sekolah sudah mau ditutup.

Dilorong kelas terdengar suara langkah kaki dengan sepatu hak tingginya, dan ternyata sumbernya dari seorang guru yang berpakaian abu-abu yang sedang berjalan menuju ruang kelas VII.1 sambil membawa peralatan untuk mengajarnya.

Gurupun masuk kedalam kelas

Guru                :“asalamualaikum Wr.Wb “

Siswa              :“wa’alaikum salam Wr.Wb”

Guru                :”selamat pagi anak – anak”

(sambil meletakan buku dan alat-alat untuk mengajarnya  diatas meja)

Siswa               :”selamat pagi bu”

guru                 :” Bagaimana kabar kalian pagi ini??”

Siswa               : “ Baik bu…..”

Guru                : “ bagaimana minggu pertama kalian masuk sekolah di SMP ini??Menyenangkan bukan, sekarang kalian sudah memakai seragam putih-biru sekarang.. Oh iya ketua kelasnya sudah terpilih kan?

Siswa               : “sudah bu..”

guru                 :”Coba ketua Kelasnya pimpin doa”

ketua kelas      :”baik bu,,berdoa di mulai”

seketika suasana kelas hening

Ketua kelas     :”berdoa selesai”

Guru                :”sebelum kita memasuki pelajaran, karena hari ini hari pertama belajar dengan ibu ,ibu akan memperkenalkan diri terlebih…

Gurupun memperkenalkan dirinya

Setelah itu

Guru                : “ sekarangkan giliran ibu kenal kalian, ibu akan mengabsen kalian,yang dipanggil namanya berdiri lalu memmperkenalkan nama serta asal sekolah”

Setelah itu gurupun selesai mengabsen murid-muridnya

Guru                :”Sekarang kita mulai pelajarannya.. siapkan alat tulis kalian masing-masing”

Siswa               :” baik bu “

Guru                :”hari ini kita akan belajar tentang bilangan bulat. Ada yang tahu apa bilangan bulat itu?atau  kalian pernah mendengarnya?”

Seorang siswa menjawab

Siswa               :”saya pernah mendengarnya bu.. waktu SD saya juga pernah belajar tentang bilangan bulat”

Guru                : “ya kamu benar.., Kalian pernah belajar tentang bilangan bulat waktu kalian SD, mungkin ada yang bisa menjelaskan kepada ibu apa bilangan bulat itu?”

Semua siswa pun diam

Guru                :” coba kamu bisa menjelskannya kepada ibu dan teman-teman kamu” (menunjuk salah satu siswa)

Siswa               :(Dengan kikuk siswa menjawab) “hmmm apa ya… mungkin bilangan yang terdiri dari angka 0 sampai seterusnya”

Guru                : “ya jawaban kamu benar, tetapi apa ada mempunyai jawaban lain?”

Salah satu siswapun menjawab

Siswa               :” bilangan yang terdiri dari bilangan yang negatif dan positif, contohnya          -1,0,1,2,3 …

Guru                :”iya tepat sekali. Jadi bilangan bulat merupakan bilangan yang terdiri dari bilanga bulat positif dan bilangan bulat negatif.  Coba perhatikan gambar gais bilangan yang ibu buat di papan tulis”

Gurupun menggambar garis bilangan dipapan tulis dan semua siswa antusias meihatnya

Guru                :” pada garis bilangan yang ibu gambar (sambil menunjuk garis bilangan yang telah dibuatnya dipapan tulis) bilangan 1, 2, 3, 4, 5 … disebut bilangan bulat positif , sedangkan bilangan -1, -2, -3, -4, -5, … disebut bilangan bulat negatif. Dapat disimpulkan bilangan bulat negatif terletak disebelah kiri nol dan bilangan bulat positif terdiri dari bilangan bulat positif terdiri di sebelah kanan nol.

Apakah kalian semua mengerti?”

Dengan serentak semua siswa menjawab

“mengerti bu.”

Guru                : “sekarang ibu ingin bertanya kepada kalian semua,  lebih besar mana -5 dengan 4?”

Suara gaduh terdengar sebagian siswa menjawab -5 dan sebagian lagi terdengar menjawab 4

Guru                : “ wah ibu tidak bisa mendengar  dengan jelas kalau kalian menjawabnya seperti itu coba salah satu dari kalian menjawabnya”

Seorang siswapun menjawab pertanyaan dari guru tersebut

Siswa               : “ -5 bu”

Guru                : (sambil tersenyum) “ coba jelaskan alasan kamu?”

Siswa               : “ karena angka lima kan lebih besar dari empat bu..”

Guru                : “ coba lihat lagi garis bilangan dipapan tulis , semakin kekenan letak bilangan maka bilangan tersebut semakin besar nilainya, tetapi sebaliknya semakin kekiri bilangan tersebut maka semakin kecil nilai bilangan tersebut.”

Siswa               :” jadi 4 lebih besar dari -5 dong bu?”

Guru                :” iya betul sekali.”

“ Sekarang coba kerjakan latihan soal yang ada di papa tulis, jika ada yang belum mengerti silahkan kalian tanyakan kepada ibu”

Siswa               :” baik bu”

Semua siswa pun sibuk mengerjakan soal-soal yang diberikan  oleh gurunya

Dan beberapa menit kemudian

Guru                :”apakah kalian sudah selesai mengerjakannya?”

Terdengar sahutan dari para siswa yang mengatakan “sudah” dan yang mengatakan “belum”

Guru                :”coba yang sudah silahkan tulis jawabanya dipapan tulis”

Seorang siswa pun maju dan menuliskan jawabanya dipapan tulis

Guru                :”Jawabanya betul, apakah ada diantara kalian yang belum mengerti”

Siswa               :”mengerti bu”

Guru                :”sekarang ibu akan membagi kalian menjadi 6 kelompok, caranya kalian berhitung 1 sampai 6 lalu kalian berkumpul berdasarkan nomer yang sama”

Siswa pun berhitung dan berkumpul dengan kelompoknya masing-masing

Guru                :”Ibu akan membagikan kertas yang berisikan materi tentang sifat-sifat penjumlahan bilangan bulat, dari materi tersebut kalian simpulkan masing-masing sifat dan berikan contohnya,ibu beri kalian waktu 15 menit”

Semua siswa berdiskusi dengan kelompoknya masing-masing.

15 menit kemudian

Guru                :” Sekarang perwakilan dari kelompok kalian masing-masing menjelaskannya ke depan”

Satu persatu perwakilan dari siswapun maju dan menjelaskannya didepan ada siswa yang bertanya dan yang memberikan opini-opininya

Guru                :”coba kamu simpulkan apa yang telah kita pelajari hari ini” (guru menunjuk salah satu siswa)

Siswa               :” bilangan bulat terdiri dari bilangan bulat negatif dan bilangan bulat positif. Pada garis bilangan,Semakin kekiri suatu bilangan maka bilangan tersebut bernilai semakin kecil dan semakin kekanan maka bilangan tersebut bernilai semakin besar, serta penjumlahan bilangan bulat memiliki 5 sifat yaitu : Sifat tertutup, sifat komutatif, mempunyai unsur identitas, sifat asosiatif dan mempunyai invers”

Guru                :” ya bagus sekali kesimpulan yang teman kalian berikan. Beri tepuk tangan buat teman kalian ini.”

Suara riuh tepuk tangan pun terdengar

Guru                :” untuk tugas pertemuan selanjutnya kalian kerjakan soal-soal halaman 11 sampai hal 12, dan jangan lupa kalian pelajari lagi materi ini dan baca materi tentang pengurangan pada bilangan bulat untuk materi pertemuan kita selanjutnya.apakah ada yang ingin kalian tanyakan?”

Semua siswa menjawab dengan serentak “Tidak bu”

Guru                :”kalau tidak ada kita cukupkan pelajaran hari ini,kita bertemu lagi hari kamis

Akhirkata dari ibu wassalamu’alaikum wr.wb”

Siswa               : “wa’alaikumsalam wr.wb

Gurupun keluar ruangan

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

( RPP )

Sekolah                       :

Mata Pelajaran            :  Matematika.

Kelas / Semester          : VII / 1

Standar Kompetensi   : 1. Memahamisifat-sifat operasi hitung bilangan dan penggunaannya dalam pemecahan masalah.

Kompetensi Dasar       : 1.1. Melakukan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan.

Indikator                     : 1. Memberikan contoh bilangan bulat.

  1. Menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan.
  2. Melakukan operasi tambah, kurang, kali dan bagibilangan bulat.
  3. Menghitung kuadrat dan pangkat tiga bilangan bulat.
  4. Memberikan contoh berbagai jenis dan bentuk bilangan pecahan.
  5. Mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yng lain.

Alokasi waktu             : 2 X 45menit

A. Tujuan penbelajaran.

1. Siswadapat memberkan minimal 5 bilangan bulat.

2. Siswa dapat menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan.

3. Siswadapat melakukan operasi hitung

B. Materi ajar.

a. Bilangan bulat.

C. Metode pembelajaran.

a. diskusi kelompok, demonstrasi, dan penemuan.

D. Langkah-langkah kegiatan.

  1. Pendahuluan.

Apersepsi    : Mengaitkan materi  yang akan dipelajari dengan pengetahuanawal dengan  cara mengajuakan pertanayan.

  1. Kegiatan inti.

-          Guru menyajikan pengetahuan (menjelaskan) tentang cara meulis suhu di atas atau di bawah nol derajat.

-          Guru menjelaskan cara menggambar garis bilangan .

-          Guru mengecek pemahaman siswa dengan  tanya jawab.

-          Gurumenjelaskan himpunan binagan bulat dan lambangnya dilanjutkan dengan menjelaskan tentang lawan dari suataubilangan bulat.

-          Guru menjelaskan  tentangperlunya membandingkan beberapa bilangan bulat .

-          Guru mengecek pemahaman siswa dengan tanya jwab.

-          Guru menjelaskan tentang mengurutkan bilangan bulat.

-          Siswa mengerjakan latihan .

  1. Penutup.

-          Dengen bimbingan guru, siswa dimintamenbuat rangkuman.

-          Siswa dan guru melakukan refleksi.

-          Guru memberikan PR untuk soalyang belum selesai dijawab.

E. Alat dan sumber belajar.

Buku teks, penggaris.

F. Penilaian.

Teknik penilaian  : test.

Bentuk Instrumen : Pertanyaan lisan dan tertulis

Instrumen:

  1. Berikan 5 contoh bilangan bulat?
  2. Tuliskan 5 contoh tersebut kedalam garis bilangan
  3. Diketahui sebuah tangga lantai memiliki 10 anak tangga. Nani dan Adi berada di anak tangga ke -2 kemudian mereka naik 7 tangga ke atas. Karena ada buku yang jatuh. Maka Nani dan Adi turun 5 tangga kebawah. Di anak tangga berapakah mereka sekarang?

Tentukan soal-soal berikut

  1. 23 + 19
  2. (-42) + 27
  3. 38 + (-53)
  4. 32 + (-18)
  5. 68 + (-29) + (-45)
About these ads

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: